Kamis, 16 September 2010

Indahnya Mudik

Kita semua sepakat bila mudik adalah hal yang dinanti-nanti pada saat lebaran. Berkumpul bersama keluarga besar tercinta yang merupakan momen langka yang mungkin akan jarang dilakukan pada saat hari-hari biasa. Semua orang menyambutnya dengan suka cita.
Namun kita jangan lupa menyiapkan segala sesuatunya agar kebahagian kita tdak terusik. Apa saja yang harus kita siapkan tuk mudik..

1. Rencanakan Keuangan
Nah ini yang terpenting, kita harus kalkulasi pengeluaran dan pemasukan sebelum mudik, dihitung mulai dari uang transpot, biaya hidup di rumah ortu, berapa kita memberi angpau tuk sanak keluarga, semuanya sudah di pisah dan di masukan ke dalam amplop, juga jangan lupa siapkan dana cadangan untuk jaga-jaga apabila ada pengeluaran dadakan berapa jumlahnya, minimal tiga kali lipat dana mudik lah..Makanya tuk biaya tahunan ini kita harus siapkan jauh-jauh hari biar ga pusing-pusing pake uang THR yang minus nus nus..dah ketauan kan berapa biayanya tinggal di bagi aja sebelas bulan, misalkan kita butuh dana mudik 6 juta bagi 11 bulan maka kita harus ngesave 600 ribuan tiap bulan kenapa harus sebelas bulan, nah ini juga harus di perhatikan, supaya bulan ramadhan kita dah khusyuk menjalankan ibadah puasa..
2. Pastikan semua yang kita tinggalkan sudah aman.
Jangan sampe deh kenyaman kita terganggu oleh tangan-tangan jahil pencuri dkk, pastikan rumah sudah terkunci rapat, cabut selang kompor gas biar ga kebakaran repotkan kalo kebakaran, matikan listrik bagian dalam biarkan menyala lampu luar biar ga jebol setoran bulanannya, jangan pernah menitipkan kunci kepada orang lain walaupun orang yg itu kita tau kredibilitasnya di dunia jaga menjaga rumah, kalo punya duit pasang CCTV di setiap sudut ruangan biar tau siapa aja yang masuk ke rumah kita, kalo dah dirasa aman, nyaman deh mudiknya.
3. Periksa Kendaraan
Bagi yang mudik pake kendaran pribadi periksa kendaran kita dengan seksama atau kita bawa ke tempat servis biar mereka yang ngecek kelayakan kendaran kita. 
Kalo sudah semua kita tinggal menikmati indahnya mudik yang tidak bisa dibayangkan dengan kata-kata...ko bisa? iya indahnya mudik itu ga ada yg tau kecuali oleh orang yang mudik, buktinya tipa taon pemudik jumlahnya terus bertambah kan? makanya kacian deh yang ga mudik he he he 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar