Minggu, 11 April 2010

TIPS MENGHAPAL AL QURAN


Tips menghapal Al Quran barangkali sudah banyak bertebaran di buku - buku dan referensi lainnya, akan tetapi saya ingin sharing tentang pengalaman saya menghapal dulu di PP An Nur Bantul Jogjakarta, yang mudah - mudahan bermanfaat bagi para pembaca, khususnya santri - santri Al Kahfi Bogor.


Yang saya alami dulu ketika menghapal, terangkum dalam tips ini :

1. Gunakanlah mushaf standard ( dikenal dengan nama Quran Pojok ), seperti mushaf madinah, beirut, syamil, Quran Kudus, yang jumlah baris perhalamannya 15 baris.
2. Pilih waktu yang sejuk, misalnya subuh, ashar, atau dini hari
3. Setorkan dulu bacaan kita sebelum menghafal kepada ustadz atau murobbi
4. Bacalah minimal 5 kali halaman yang akan di hapal, setelah itu baca satu ayat - satu ayat sebanyak 3 kali dengan melihat, lalu tutuplah mushaf dan baca ayat tersebut sebanyak 3 kali, lalu dilanjutkan ayat berikutnya caranya sama, dan bacalah kembali dari ayat pertama.
5. Muroja'ah ( mengulag hafalan ) lakukan dengan kontinu, perbandingannya 1 halaman hapalan baru maka muroja'ahnya 1 juz setiap hari, bagi yang sudah hapal 30 juz muroja'ahnya 5 juz perhari.
6. Pahamilah ayat sebelum menghapal dengan melihat terjemahnya.
7. Berdo'a, memohon kemudahan kepada Allah dalam menghapal Al Quran
8. Ikhlash, ini yang paling penting supaya kita tidak terbebani dengan kepentingan lain.
9. Ikut musabaqoh, tujuannya untuk mengukur kelancaran hapalan kita
10. Dibaca di dalam shalat
11. Hadir di majlis - majlis Quran, seperti simakan ( tasmi' ), kalau di jogja dulu hampir tiap hari ada tasmi', di tambah acara penduduk setempat, seperti pernikahan dll pasti ada simakan.

Banyak banget ya tipsnya, namanya juga sharing,ali aja bermanfaat, ok bagi yang sedang menghapal semangat ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar